Senin, 19 Agustus 2013

Jenis - jenis paragraf

Paragraf  Narasi

Olimpiade sains dan bahasa


Olimpiade sains dan bahasa (OSB) merupakan ajang pencarian bakat yang sangat kompetitif.Bagi siswa Madrasah,OSB adalah wadah yang tepat untuk menunjukkan kualitas intelektualnya.Kemarin,23 februari 2013 diadakan OSB se-wilker Surabaya di MAN Mojokerto.Saya pun ikut andil mewakili MAN Sidoarjo dalam OSB tersebut bidang matematika.Pesertanya adalah siswa Madrasah dari Kabupaten/Kota Sidoarjo,Jombang,Gresik,Surabaya dan Mojokerto.Peserta terbanyak adalah peserta dari Kab. Jombang sekitar 10 MAN.Saya ragu apakah saya bias menjadi pemenang?Tidak hanya itu,lawan saya pun  ada yang kelas 12.Akhirnya,saya sangat senang karena bias menjadi juara harapan 2.Menurut saya,menjadi pemenang dalam olimpiade bukan tergantung pada kelasnya.

Paragraf Deskripsi

MAN Sidoarjo

MAN Sidoarjo adalah satu-satunya SMAN berbasis islam di Sidoarjo.Madrasah ini terletak di Jl. Stadion no.2 Sidoarjo.MAN Sidoarjo memiliki 39 ruang kelas,3 laboratorium IPA,1 laboratorium bahasa,galeri seni,dll.Selain itu,juga terdapat lapangan sepak bola,basket dan voli.Masih banyak fasilitas yang ada di MAN Sidoarjo.Diantaranya area parkir yang luas,Auditorium yang luas.Tidak hanya itu,terdapat juga wi-fi hot spot yang didukung oleh indischool Telkom Indonesia.

Paragraf Eksposisi

PRODISTIK ITS MAN Sidoarjo

PRODISTIK adalah Program Diploma Setara D1 TIK yang dibuat oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). PRODISTIK dibuat oleh ITS untuk Madrasah Aliyah.Diantaranya MAN Sidoarjo,MAN Bangil dan MAN Lamongan. PRODISTIK ITS MAN Sidoarjo baru berjalan 2 tahun. PRODISTIK memberikan mata kuliah desain,multimedia dll.Diantaranya Photoshop,Adobe Permiere,Microsoft Access dsb.Jadi,selain bersekolah di MAN Sidoarjo juga kuliah.Setelah lulus dari MAN Sidoarjo siwa-siswinya siap terjun ke dunia kerja.

Paragraf Argumentasi

Olimpiade sains

Olimpiade sains merupakan ajang pencarian bakat yang sangat kompetitif. Bagi siswa-siswi  MAN Sidoarjo,olimpiade adalah wadah yang tepat untuk bertarung dalam hal intelektualitas.Di MAN Sidoarjo,sebelum bertempur dalam olimpiade diadakan pembinaan diantaranya club matematika,club fisika dll.Sayangnya,salah satu guru pembina club mengeluh.Saya sebagai anggota club x kecewa dengan pembicaraan beliau.Beliau mengungkapkan bahwa sudah tidak mampu membina anak-anak club dengan alas an soal-soalnya dalam olimpiade semakin rumit dan membutuhkan penalaran yang bagus.Di sisi lain,”dana pembinaan club juga semakin berkurang”,ungkap beliau.Jika kejadiannya seperti ini mengapa pihak sekolah mendatangkan guru olimpiade dari luar?Bukankah sangat baik jika siswa-siswi bertaburkan prestasi?

Paragraf  Persuasi

Tindakan Tercela

MAN Sidoarjo adalah satu-satunya MAN di Sidoarjo.Menurut saya,MAN Sidoarjo merupakan salah satu sekolah yang favorit di Sidoarjo karena bertaburkan prestasi.Diantaranya juara KTI Nasional,juara 1 KSM se-Jatim dll.Sayangnya,masih banyak siswa yang nakal.Diantaranya,merokok di kamar mandi,bermain petasan dll.Bentuk yang melanggar norma social tersebut harus dicegah.Mengapa sekolah yang berbasis islam justru siswanya lbertindak tercela?Apa yang menyebabkan?Sebagai warga Madrasah,kita harus bekerja sama  guna menindak tindakan tercela tersebut dan memberantas samapi ke akar-akarnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar